BRI berkomitmen tinggi untuk terus meningkatkan penerapan GCG dari top management khususnya Dewan Komisaris dan Direksi. Pelaksanaan komitmen tersebut dilakukan dengan melaksanakan prinsip-prinsip GCG di setiap kegiatan usaha BRI, ditunjukkan dalam visi dan misi BRI, corporate values dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan perusahaan.
“Komitmen implementasi tata kelola perusahaan yang baik tersebut sejalan dengan fokus BRI untuk terus menjadi garda terdepan dalam upaya penyelamatan sektor UMKM dari dampak pandemi, dan peran strategis BRI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam membantu pemerintah mendorong pemulihan ekonomi Indonesia,” tambah Sunarso.
Penghargaan yang diterima BRI tersebut didasarkan pada penilaian yang dilakukan secara obyektif dan independen oleh Tim Penilai dan Dewan Juri, yang diawali dari penilaian GCG dari lebih 200 perusahaan di Tanah Air. Berdasarkan analisis para pakar tersebut, BRI dinilai telah sukses mengimplementasikan tata kelola perusahaan dengan baik, sesuai dengan tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku di dunia internasional.
Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2021 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa penyelenggaraan penghargaan ini telah memasuki tahun ketiga, dimana kegiatan corporate rating (award) tahunan ini dalam rangka mendorong perusahaan agar lebih mematuhi tata kelola perusahaan yang baik secara internal maupun terhadap stakeholder-nya.
“Penyelenggara terinspirasi oleh kegiatan atau arahan Kementerian BUMN mengenai pengelolaan korporasi/BUMN dengan core value AKHLAK. Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. Oleh karenanya dalam pelaksanaan sistem Governance Risk & Compliance (GRC), kami menilai dan menentukan korporasi dengan penilaian GRC yang baik,” tutup Irnanda.(Fdz)
Keyword: