Adapun pemenang kategori Best Expo diraih oleh Cokelat Ndalem yang berasal dari Yogyakarta dengan produknya olahan coklat merupakan Juara 1, Blankenheim dari Bandung sebagai Juara 2 dan Rinof dengan produk sabun pencuci piring sebagai juara 3. Kategori tersebut dinilai berdasarkan dari sisi produk, produktivitas, inovasi dan adaptasi terhadap penggunaan platform digital (go digital & go online) serta kesiapan melakukan perluasan ke pasar internasional (Ekspor). Sedangkan untuk UMKM Favorite on Social Media diraih oleh Cokelatin Indonesia sebagai Juara 1, Aulian Kreasi sebagai Juara 2 dan Littlemonq sebagai Juara 3.
Selain memberikan penghargaan kepada UMKM, BRI juga tidak lupa memberikan penghargaan kepada buyers yakni ‘The Highest Deal Commitment’ dan ‘The Highest Business Matching Activity’. The Highest potential deal merupakan penghargaan yang diberikan kepada potential buyers yang memiliki jumlah potential deal dengan UMKM selama kegiatan business matching. Sedangkan The highest business matching activity merupakan award yang diberikan kepada potential buyers yang memiliki jumlah terbanyak atas aktivitas business matching.
Pemenang untuk The Highest Potential Deals yaitu Tanivest, Pte Ltd dari Malaysia, Eastern Cross Trading.Co dari Australia dan Archipelagi Marketplace. Inc. Sedangkan pemenang The Highest Business Matching Activity diraih oleh Triple Two dari Australia, Ananda Lestari Maju,Sdn Bhd dari Malaysia dan Diaspora Peart dari Australia.
UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR juga jadi momentum bagi BRI untuk mengapresiasi nasabah loyal BRI dalam SME’s Lifetime Achievement Award yang diraih oleh Totok Sukistiyanto dari Kantor Cabang BRI Ungaran yang telah menjadi nasabah BRI selama 31 tahun, Dewa Putu Edi Putra telah menjadi nasabah BRI selama 42 tahun di Kantor Cabang BRI Parigi dan Melkianus Lubalu dari Kantor Cabang BRI Waikabubak telah menjadi nasabah BRI selama 30 tahun.
Terakhir, untuk memeriahkan closing ceremony ini, terdapat awarding juga untuk program Pengusaha Muda Brilian 2022 yang telah dilaksanakan mulai dari bulan Mei sampai dengan saat ini pengumuman pemenang dari UMKM yang telah mengikuti inkubasi bisnis selama kurang lebih 6 bulan. UMKM pemenangnya diraih oleh Kaind dari Jakarta dengan produk sustainable fashion-nya sebagai Juara 1, Nana Baby Carrier perwakilan UMKM Yogyakarta dengan produknya gendongan bayi sebagai Juara 2 dan Ppuff! dari Bandung dengan produknya healthy snack sebagai Juara 3.
Selain memperoleh apresiasi dan hadiah, BRI juga mendukung dengan memberi pinjaman dengan suku bunga 0% bagi pemenang UMKM Award Brilianpreneur untuk kategori newcomer on business matching, UMKM best expo dan Pengusaha Muda Brilian 2022.
Amam menambahkan bahwa kemeriahan UMKM (EXPO)RT BRILIANPRENEUR begitu terasa, baik di dalam mau pun di luar negeri. Hal ini tidak terlepas dari beragam upaya promosi yang dilakukan BRI agar buyers dapat melirik potensi produk UMKM lokal yang memiliki keunikan sekaligus daya saing untuk masuk dalam pasar global.
Kemeriahan juga terasa dari antusiasme pengunjung untuk berbelanja melalui berbagai metode transaksi yang disediakan oleh BRI. Jangan takut ketinggalan, mengingat pameran dan expo UMKM (EXPO)RT BRILIANPRENEUR masih berlangsung hingga 31 Desember 2022.
BRI menargetkan transaksi produk UMKM di event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 bisa menyentuh Rp 15 miliar. Tingginya nilai transaksi di event tahun ini didukung sejumlah promosi produk UMKM di bazaar online via e-commerce Shopee, Tokopedia, Blibli dan PaDi UMKM, plus diskon pembelian produk yang menggunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit BRI.(AP)