Menu

Mode Gelap

Daerah · 20 Jun 2022 WITA

Pengurus Marapu di 23 Desa Mendapatkan Pelatihan Advokasi Melalui Proyek Lii Marapu  didukung Lembaga Voice, SID dan Marungga Foundation


					Pengurus Marapu di 23 Desa Mendapatkan Pelatihan Advokasi Melalui Proyek Lii Marapu  didukung Lembaga Voice, SID dan Marungga Foundation Perbesar

Waingapu, NTTPedia.id,– Lambaga Voice berkerjasama dengan Sumba Integrated Development dan Yayasan Marungga menyelenggarakan pelatihan advokasi perencanaan dan penganggaran desa bagi pengurus Marapu di 23 desa di Kabupaten Sumba Timur yaitu Kecamatan Rindi, Desa Kayuri, Desa Tamburi, Desa Haikatapu, Desa Tanaraing, Desa Paraikaruku; Kecamatan Kahaungu Eti meliputi Desa Kamanggih, Desa Kataka, Desa Matawai Katingga, Desa Matawai Maringu, Desa Merumba dan Desa Kotak Kawau; Kecamatan Kota Waingapu yaitu Desa Pambotanjara; Kecamatan Umalulu yaitu Desa Watupuda, Desa Lairuru, Desa Patawang dan Desa persiapan Laimandar sedangkan Kecamatan Kanatang adalah, Desa Kuta, Desa Hambapraing, Desa Mondu, Desa persiapan Palindi Tanabara, Desa Persiapan Tanggedu dan Desa Dapayami.

Kegiatan ini dilaksanakan di tingkat kecamatan sejak Mei hingga Juni 2022, dengan peserta perwakilan pengurus Marapu Marapu tingkat desa. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan pengurus Marapu di tingkat desa tentang advokasi perencanaan dan penganggaran desa yang responsive pada hak-hak sipil penghayat Marapu.

Ketua Pengurus Marapu Kabupaten Sumba Timur, Umbu Maramba Hawu mengatakan, bahwa pelatihan advokasi di tingkat desa merupakan bagian program kerja Badan Pengurus Penghayat Marapu tingkat Kabupaten. Lebih lanjut Maramba Hawu mengatakan bahwa, pada awal tahun 2022 pengurus Marapu tingkat kabupaten dan kecamatan telah membetuk pengurus Marapu di 26 desa di lima kecamatan. Paska pembentukan pengurus Marapu tingkat desa, maka dipandang perlu untuk memberikan penguatan kapasitas. Harapan dari pelatihan ini, pengurus Marapu dilevel desa semakin berdaya dan percaya diri serta dapat berpartisipasi aktif dalam ruang-ruang strategis di desa.

” Kami juga mengucapkan terima kasih SID dan Yayasan Marungga yang didukung Lembaga Voice melalui Proyek Lii Marapu yang telah membantu memfasilitasi Pengurus Marapu dan kelompok kerja tingkat kabupaten,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Project Manager Lii Marapu, Anton Jawamara, bahwa proyek Lii Marapu bertujuan untuk meningkatkan akses layanan social dan pendidikan bagi penghayat Marapu. Dalam proyek ini kami hanya menyasar pada lima desa, namum kolaborasi yang baik dengan Pengurus Marapu Kabupaten Kecamatan dan desa, sehingga kita sama-sama memfasilitasi pelatihan bagi pengurus Marapu di 23 desa di empat kecamatan.

Jawamara menjelaskan, bahwa pelatihan advokasi bagi pengurus Marapu desa difasilitasi oleh pengurus dan Pokja level kabupaten yang sebelumnya telah mengikuti kegiatan Training of trainer (ToT) tentang advokasi. Kami sangat mengapresiasi semangat dari pengurus Marapu Kabupaten dan juga Pokja, dimana mereka (red, pengurus Marapu) telah bekerja keras untuk membangun koordinasi memfasilitasi pelatihan. Semoga penghayat Marapu semakin kuat dan berdaya serta percaya diri untuk menyuarakan hak-hak sipil mereka.

Untuk diketahui bahwa saat ini sudah 26 desa di lima kecamatan di Kabupaten Sumba Timur yang telah memiliki pengurus Marapu. Unsur pengurus Marapu terdiri dari pimpinan kabihu (red, marga/klan), perempuan Marapu, orang muda dan tokoh adat.(AP)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 146 kali

badge-check

Redaksi Redaksi

Baca Lainnya

Bunda Julie Serahkan Susu Mimo dan Makanan Tambahan Untuk Penanganan Stunting di Kelurahan Nefonaek, Kota Kupang

25 Januari 2023 - 14:05 WITA

48 Ekor Babi Mati Mendadak di Kabupaten Kupang

18 Januari 2023 - 18:39 WITA

Bunda Julie Launching MIMO, Minuman Susu Kelor Pertama di NTT

6 Januari 2023 - 21:15 WITA

Bunda Julie Dorong HKTI NTT Kembangkan Demplot Berbasis Organik

30 Desember 2022 - 20:04 WITA

Dekranasda NTT Launching Produk Mie Instan Berbahan Kelor dan Singkong

30 Desember 2022 - 17:26 WITA

Tekan Inflasi di NTT, Pemprov NTT Lakukan 6 Upaya Strategis 

29 Desember 2022 - 08:38 WITA

Trending di News