Kupang, NTTPedia.id,- Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kupang kini menjadi pusat layanan terpadu yang dimanfaatkan masyarakat untuk mengurus berbagai kebutuhan administrasi.
Salah satu yang paling ramai didatangi warga adalah loket Dinas Sosial (Dinsos) yang menyediakan sejumlah layanan.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Pantauan media Senin, 24 November 2025, loket Dinsos dipadati warga sejak pagi hari. Mereka datang mengurus berbagai kebutuhan administrasi sosial, mulai dari pendataan hingga pendaftaran bantuan.
“Kami merasa lebih mudah. Tinggal ambil nomor antrean, lalu semua urusan bisa diselesaikan di satu tempat,” ujar Margaretha, warga Kota Kupang.
Kehadiran layanan Dinsos di MPP dinilai sangat membantu masyarakat karena prosesnya lebih terintegrasi, cepat, dan efisien, tanpa perlu berpindah dari satu kantor ke kantor yang lain.
Loket Dinsos menjadi salah satu yang paling ramai dipadati warga, dibandingkan dengan loket lain yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kupang.
Hal ini karena banyaknya jenis layanan sosial yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan warga, terutama terkait bantuan sosial, data kependudukan sosial dan sebagainya.
Berikut layanan yang bisa diakses warga di Loket Dinsos:
1. Layanan Kartu Indonesia Sehat (KIS)
Warga dapat mengurus keperluan KIS, mulai dari pendaftaran peserta baru, pengaktifan kembali, hingga pembaruan data.
2. Program Keluarga Harapan (PKH)
Loket Dinsos melayani berbagai kebutuhan terkait PKH, program bantuan sosial bersyarat untuk keluarga kurang mampu.
3. Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
Warga bisa memperbarui data, mengecek status, atau melakukan pendaftaran DTKS sebagai syarat utama menerima berbagai jenis bantuan sosial.
4. Pendaftaran Bantuan Sosial (Bansos)
MPP memfasilitasi pendaftaran dan konsultasi berbagai jenis bansos yang ada, sehingga prosesnya lebih cepat dan terkoordinasi.(AP)















