Kupang, NTTPedia.id,,- Antusiasme masyarakat memanfaatkan layanan jemput bola Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kupang terlihat jelas pada pelaksanaan Car Free Day (CFD) di Jalan El Tari pada Sabtu, 22/11 2025. Tercatat sebanyak 142 warga mengakses beragam layanan publik yang dibuka khusus untuk mempermudah pengurusan administrasi tanpa harus mendatangi kantor instansi terkait.

Plt Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kupang, Penina N. A. Lauata. Penina mengatakan tingginya angka pengguna layanan ini menunjukkan bahwa pendekatan pelayanan di ruang publik sangat efektif dan diminati masyarakat.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“Layanan ini kami siapkan untuk mendekatkan pelayanan kepada warga. Masyarakat dapat berolahraga sambil mengurus administrasi penting, dan responsnya sangat positif,” ujarnya kepad wartawan di Kupang, 22/11/2025.
Berikut rincian layanan yang dimanfaatkan masyarakat selama CFD,
1.BPJS Kesehatan, 20 Pengguna
Layanan administrasi kepesertaan dan konsultasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi salah satu yang cukup diminati.
2. BPJS Ketenagakerjaan, 10 Pengguna
Warga memanfaatkan layanan pengecekan kepesertaan, informasi manfaat, dan konsultasi program ketenagakerjaan.
3. DPMPTSP Kota Kupang, 14 Konsultasi NIB
Sebanyak 14 pelaku usaha melakukan konsultasi dan pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), salah satu layanan yang paling sering dicari pelaku UMKM.
4. Kementerian Agama Provinsi NTT, 5 Sertifikasi Halal Terbit
Lima pelaku usaha berhasil mendapatkan sertifikat halal yang diproses langsung di lokasi CFD melalui program sertifikasi halal.
5. Polresta Kupang Kota, 30 Perpanjangan SIM A dan C
Loket pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) tetap menjadi primadona masyarakat karena kepraktisannya.
6. Samsat Kota Kupang, 63 Pembayaran Pajak Kendaraan
Layanan Samsat tercatat melayani 63 wajib pajak, dengan jumlah pajak kendaraan bermotor yang terbayar mencapai Rp45.452.367.
Penina menambahkan kegiatan pelayanan di CFD akan terus dilakukan secara rutin sebagai bagian dari reformasi pelayanan publik agar lebih dekat, cepat, dan mudah diakses.
“Kami akan terus hadir di ruang publik seperti CFD untuk memastikan warga mendapatkan pelayanan terbaik,” kata dia.(AP)















