Menu

Mode Gelap

Berita · 6 Apr 2021 WITA

Dinilai Berhasil, Fraksi PDI Perjuangan Apresiasi Kinerja Bupati Sikka


					Dinilai Berhasil, Fraksi PDI Perjuangan Apresiasi Kinerja Bupati Sikka Perbesar

 

Maumere, NTTPedia.id,- Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sikka memberi apresiasi kepada Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo. Bupati yang akrab disapa Robi Idong ini dinilai Fraksi PDI Perjuangan memiliki kinerja yang memuaskan.

Apresiasi Fraksi PDI Perjuangan ini disampaikan dalam pandangan umum Fraksi dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sikka tentang catatan evaluasi Fraksi terhadap LKPJ Bupati Sikka Tahun 2020

Pandangan ini ditandatangani Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Stefanus Sumandi dan dibacakan oleh Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Benediktus Lukas Raja.

Beneduktus mengatakan dalam lukisan sejarah rakyat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka tergambar jelas kalau tahun 2020 merupakan moment yang berselimutkan duka dan kecemasan oleh banyak pihak. Betapa tidak? Pada awal hingga akhir tahun yang kita lewati bersama itu, banyak kisah duka dan bencana yang kita alami.

” Memasuki awal 2020, kita dihadapkan dengan melonjaknya Kasus Deman Berdarah hingga berstatus KLB (Kejadian Luar Biasa) yang pada akhirnya mendapat atensi khusus dari Kementeriaan Kesehatan RI. Tidak berselang waktu, bagai merantai tali kita pun dihadapkan dengan Covid-19,” kata Benediktus.

Akan tetapi, Kedua kasus ini memberi pelajaran berharga untuk kita semua tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Ia menjelaskan melonjaknya kasus DBD justru disebabkan oleh menjamurnya tempat sampah dan genangan air yang tidak terurus sekian lama sehingga menjadi sarang nyamuk demam berdarah.

Benediktus mengatakan namun langkah proaktif pemerintah perlu diapresiasi. Dengan sigap pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup menggerakan semua elemen untuk menata kembali Kota Maumere dari tumpukkan sampah dan genangan air. Kerja tulus mengabdi rakyat itu membuktikan bahwa negara hadir ketika rakyat menderita.

” Hasilnya, hari ini jumlah kasus DBD justru menurun jauh .Tentunya itu semua juga tidak terlepas dari dukungan dan kerja keras seluruh rakyat Sikka. Sehingga oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementeriaan Kesehatan menjadikan Sikka sebagai contoh untuk Kabupaten/Kota lain dalam upaya memerangi kasus DBD. Terhadap hal ini, Fraksi PDI Perjuangan mengapresiasi Kerja Gotong royong rakyat dan pemerintah dalam membangun nian tanah tercinta,” kata Eks Ketua GMNI Sikka ini.

Dia menjelaskan terkait Covid-19, Fraksi PDI Perjuangan sebagai bagian dari Penyelenggara Pemerintah daerag sebagaimana diamanatkan UU No.23 tahun 2014 merasakan sungguh derita rakyat di tengah pandemi begitupun kesulitan sumber daya yang disiapkan untuk menyelematkan rakyat di tengah bencana.

” Namun dalam kondisi terpuruk sekalipun tanggung jawab negara tidak boleh absensia. Itulah mengapa Fraksi PDI Perjuangan memberi apresiasi atas kesungguhan pemerintah melalui saudara Bupati yang selalu HADIR di Tengah Jeritan Rakyat Marhaen di seluruh pelosok nian tanah tercinta,” ujar Alumni Unipa Maumere ini.

Kejadian KM. Lambelu dan peristiwa gelombang Covid 19 lainnya yang menyedot perhatian banyak pihak justru diselesaikan secara saksama berkat kerjasama semua stakeholder terutama Pimpinan FORKOMPIMDA dan SATUAN GUGUS TUGAS Covid 19 Kab. Sikka beserta seluruh jajarannya.

Fraksi PDI Perjuangan memberi apresiasi atas kerja keras semua pihak terutama saudara Bupati bersama jajaran, Pimpinan dan Anggota DPRD Sikka, Kapolres Sikka bersama seluruh Jajarannya, Kepala kejaksaan Negeri Maumere bersama jajarannya, Ketua Pengadilan Negeri Maumere bersama jajarannya, Komandan Kodim 1603 Sikka beserta seluruh jajarannya, Komandan TNI Angkatan Laut Maumere bersama jajarannya dan Komandan LANUD Eltari Kupang Perwakilan Maumere bersama Jajarannya.

Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan terima kasih dan apresiasi sungguh kepada satuan Gugus Tugas Covid 19 Kab Sikka, Para Tokoh Agama, LSM, Pemerintah Kecamatan dan Desa, Ormas dan semua pihak yang terlibat dalam mengurusi rakyat Sikka pada tahun 2020 ketika menghadapi KLB Demam Berdarah dan selama masa pandemi Covid 19.

” Tiada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya” (Yoh.15: 13),” kata Benediktus mengutip ayat kitab suci.

Bersamaan dengan narasi mengatasi bencana, pemerintah daerah kab. Sikka menurut PDI Perjuangan, sungguh-sungguh menjalankan perintah PERDA RPJMD tahun 2018-2023 untuk mewujudkan Sikka Bahagia 2023.

Program pemenuhan hak-hak dasar mulai nampak direalisasikan meski di tengah pandemi covid 19. Indikator yang dapat dipertanggungjawabkan dari statement tsb. terbukti lewat capaian berikut :

Pertama, Index Pendidikan tahun 2020 mencapai 10, 87% meningkat dari tahun 2019 sebesar 10,24% dengan realisasi pembangunan untuk pendidikan dasar TK, SD, SMP dan termasuk Pemberian Insentif kepada Guru Honor Komite Sekolah, Guru Honor Yayasan dan Guru Kontrak daerah sebanyak 1.399 guru dari Total guru honor sebanyak 2.437 orang guru dan pemberian beasiswa kepada 2.319 mahasiswa berprestasi.

Kedua, Pemenuhan hak masyarakat atas akses air bersih dan listrik juga pembangunan rumah layak huni pun terpenuhi. Hingga tahun 2020 ada 2.550 SR untuk akses air bersih, 2.689 SR listrik dan Bantuan stimulan Perumahan swadaya sebanyak 2.045 unit rumah bagi rakyat tidak mampu.

Ketiga, Di bidang Kesehatan juga tidak tertinggal. Seluruh masyarakat Kabupaten Sikka sudah dilindungi jaminan kesehatan salah satunya dengan program Kartu Sikka Sehat.

Keempat, Belum lagi di bidang infrastruktur, fasilitas dan sarana kesehatan yang telah dibangun meskipun di tengah situasi krisis akibat pandemi covid 19.

Kelima, Perluasan Jaringan Listrik untuk wilayah-wilayah yang sebelumnya belum pernah menikmati penerangan listrik dari PLN.

Keenam, kerjasama Dengan Anggota DPR RI Bapak Andreas Hugo Pareira untuk pemberiaan Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dimana Kabupaten Sikka pada tahun 2020 mendapatkan Kuota sebanyak 20 ribuan lebih beasiswa untuk anak-anak SD, SMP dam SMA.

Bagi PDI Perjuangan ini merupakan langkah kerja yang luar biasa meski di tengah krisis akibat pandemi covid 19 Pemerintah terus bekerja dan berjuang untuk rakyatnya.

” Sehingga wajar bagi Fraksi PDI Perjuangan jika Bupati Sikka Saudara Fransiskus Roberto Diogo meraih penghargaan berturut -turut antara lain Penghargaan dari BPS Propinsi NTT untuk pelaksanaan Sensus Online tahun 2020 yang melampaui target,mendapat apresiasi dari BKN RI terkait Rekrutmen Tenaga PPPK tercepat Tahap Pertama dengan diterbitkannya NIP Tenaga PPPK dan SK untuk para Penyuluh Pertanian sehingga Kabupaten Sikka dinobatkan sebagai Contoh untuk Kabupaten lain,” ujarnya.

Berikut Nominasi terbaik Pertama Tingkat Nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award Tahun 2020 untuk Wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua berdasarkan SK Menteri Perekonomian RI No. 264., Meraih Indonesian TOP Leaders Awards 2020 dari Seven Media Asia dan Meraih Penghargaan THE BEST REGENT OF THE YEAR 2020-2021 pun dari Seven Media Asia.

Oleh karenanya Fraksi PDI Perjuangan akan konsisten untuk terus mendukung kerja-kerja untuk wujudkan Pemenuhan Hak-Hak Dasar Rakyat. PDI Perjuangan akan tetap menjadi mitra strategis pemerintah untuk wujudkan kerja-kerja Sikka Bahagia 2023.

Banyak hal yang sudah dikerjakan dan dibuat dan masih banyak hal juga yang harus dikerjakan dan diperbuat. Jadikan setiap tantangan dan hambatan sebagai sebuah peluang untuk terus berkarya bagi rakyat dan daerah tercinta Nian Sikka Manise.(AP)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi Redaksi

Baca Lainnya

Dinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

26 September 2022 - 16:57 WITA

Bangun Digital Payment Ekosistem UMKM, BRI Jalin Kerjasama Layanan Pada Platform AYO SRC

25 September 2022 - 20:38 WITA

Investasi Semakin Mudah, BRI Hadirkan Fitur Pembelian SBN di BRImo

24 September 2022 - 17:56 WITA

Dekranasda NTT dan LPPM ITB Gelar Pameran Virtual Untuk Dorong Digitalisasi UMKM

23 September 2022 - 19:16 WITA

Hadirkan Program Figur Inspiratif UMKM, BRI Ajak Pelaku Usaha Semakin Bertumbuh

23 September 2022 - 14:25 WITA

Lakukan Pendampingan UMKM, BRI Kolaborasi dengan SMESCO Indonesia Hadirkan Growpreneur

22 September 2022 - 17:50 WITA

Trending di Berita